https://www.turnitin.com/
November 9, 2018 0

Uji Plagiasi Turnitin dan Cara Menghadapinya

Posted by:leena onNovember 9, 2018

Uji Plagiasi “Turnitin” dan Cara Menghadapinya

Setelah lama absen, ingin rasanya menulis sesuatu yang bermanfaat buat kemaslahatan umat. (?) Kali ini gw akan coba nulis tentang salah satu aplikasi web-based yang sedang ngetrend di dunia Mahasiswa, khususnya kampus UNJ tercinta! Karena setau gw, aplikasi ini sudah dipakai oleh banyak perguruan tinggi luar negeri dan dalam negeri. Aplikasi itu bernama TURNITIN!
Jangan salah baca ya, pengalaman soalnya ada yang bacanya triniti, turniti, trinitin, dan kosa kata aneh lainnya. Seperti judul postingan gw, aplikasi ini merupakan sebuah alat untuk mendeteksi plagiarisme yang mungkin dilakukan oleh seseorang dalam bentuk karya tulis. Mulai awal tahun 2017, UNJ telah menjadi salah satu kampus yang menggunakan jasa aplikasi ini untuk menyeleksi karya-karya ilmiah yang mungkin mengandung plagiasi.
Halaman Depan Turnitin (sumber)
Bersumber dari website iniTurnitin adalah sebuah website yang dapat digunakan oleh guru atau dosen sebagai pendidik untuk mengecek tingkat plagiasi yang terdapat di dalam karya mahasiswa. Situs ini sudah dipakai di berbagai belahan dunia untuk menjaga integritas dan kejujuran para mahasiswanya. Selain itu, situs ini juga dapat dipakai untuk melakukan peer-checkingterhadap pekerjaan sesama mahasiswa. Caranya adalah mahasiswa mengunggah (upload) file pekerjaannya ke dalam situs tersebut sesuai dengan nama kelas dan jenis tugasnya setelah diberi kode kelas dan password kelas yang sudah dibuat oleh guru/dosen kemudian guru atau dosen akan mengecek orisinalitas dan kualitas pekerjaan tersebut. Peer-checking juga dapat diakses dari akun Turnitin pribadi masing-masing mahasiswa.
Secara sederhana, turnitin adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis seseorang. Aplikasi berbasis web berarti turnitin dijalankan di dalam jendela browser tanpa perlu memasang perangkat lunak di komputer kita. Membantu meningkatkan kualitas penulisan dilakukan dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya seperti revision assistant & feedback studioi.(sumber) Namun seperti yang sudah diketahui, fungsi utama dari aplikasi ini adalah mendeteksi plagiasi yang mungkin dilakukan penulis dalam karya tulisnya.
Bagaimana cara kerjanya?
Turnitin memiliki algoritma pencarian yang didesain oleh developernya untuk membandingkan tingkat kemiripan suatu karya tulis dengan tulisan-tulisan yang sudah beredar. Disini, turnitin memiliki 3 sumber utama sebagai pembanding tulisan yang akan diujikan, yakni sumber internet(blog, web, dsb), referensi akademik (buku, jurnal, publikasi ilmiah, artikel), dan database lokal yang merupakan database yang dimiliki masing-masing institusi. Pengalaman gw menguji karya ilmiah mahasiswa berkali-kali, aplikasi ini memang bukan sembarangan. Sempat gw berpikir untuk mencari cara mengakali algoritma mesin satu ini, namun ternyata tidak membuahkan hasil. Pernah ada beberapa cara yang ampuh dipakai, namun segera celah-celah itu diperbaiki oleh developernya.
Sumber Pribadi
Algoritma pencarian yang bekerja pada aplikasi ini luar biasa detail, karena akan membandingkan KATA PERKATA, bukan lagi kalimat ataupun paragraf. Kebayang kan, yang ngga copy-paste aja banyak yang kena deteksi, apalagi yang bener-bener jiplak utuh. Namun demikian, hasil yang diperlihatkan oleh turnitin tidaklah mutlak menjadi acuan untuk menilai plagiasi sebuah karya tulis. Pada saat pengecekan, hasil yang ditampilkan akan merinci berbagai elemen plagiasi yang ditemukan. Disinilah peran operator sangat penting, untuk memisahkan elemen yang bukan termasuk ke dalam plagiasi. Oh ya batas plagiasi untuk mahasiswa S1 UNJ itu 50% ya! <50% akan lolos uji!
Sumber pribadi
Untuk itu, penting bagi kita sebagai mahasiswa untuk memahami apa yang dikategorikan sebagai plagiasi. Menurut KBBI, plagiasi merupakan pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan. Poinnya adalah dua, yakni jiplakan dan pengambilan karangan orang lain tanpa mencantumkan sumber. Jiplakan berarti penulis hanya melakukan salin-tempel tulisan dari sumber lain. Sedangkan pengambilan karangan adalah menuliskan teori, pendapat, ataupun kajian konsep orang lain tanpa mencantumkan sumber yang jelas.
Sumber pribadi
Bagaimana cara melewati uji turnitin?
Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk lolos uji turnitin ada 3 nih!
1. Jangan COPAS! Ini sih jelas banget ya XD Maksud disini adalah, kita harus kurangin penggunaan ctrl+c dan ctrl+v, karena ini yang paling berisiko. Algoritma pencocokan aplikasi ini luar biasa akuratnya lho, bahkan cenderung over accurate. Kalo kalian nemuin kalimat atau paragraf yang pengen kalian masukin ke karya tulis, coba diparafrase dengan gaya tulisan kalian sendiri, misalkan kalimat aktif dijadikan kalimat pasif, atau cari sinonim dari tulisan aslinya. Intinya jangan COPAS, pasti ketauan.
2. Cantumkan SUMBER! Plagiat itu ketika kita make pendapat orang tapi ga dicantumin sumbernya, seolah-olah itu adalah pendapat kita sendiri. Penting untuk kita sebagai akademisi untuk tau tata cara penulisan ilmiah yang baik, termasuk penulisan sumber teori atau informasi yang didapat.
3. Hindari pemakaian dokumen legal! Dokumen legal yang dimaksud tuh kaya Undang-undang, Peraturan Pemerintah, atau dokumen-dokumen yang tidak dapat diubah redaksi dan maknanya. Dalam banyak kasus, Bab 1 Pendahuluan selalu memiliki persentase kemiripan yang tinggi dikarenakan pencatutan undang-undang sebagai “penambah” halaman. Walaupun kalian bisa cantumkan sumbernya, tapi gw saranin sih jangan, daripada deg-degan sendiri. 😀
Sebagai penutup, gw cuma mau bilang kalian ngga perlu khawatir. Selama kalian mengerjakan karya tulis kalian dengan baik dan benar, sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang berlaku, pasti kalian bisa lolos uji turnitin ko. Hadirnya aplikasi ini pun ditujukan untuk peningkatan kualitas karya tulis mahasiswa dan dosen sebagai bentuk peningkatan kualitas akademik di kampus kita tercinta. Semangat dan sukses ya!
“Ikatlah ilmu dengan menulisnya.”
Imam Asy-Syafi’i

Langkah-langkah Uji Plagiasi berbasis online dengan turnitin

 

turnitin.com yang menyediakan fasilitas untuk mendeteksi suatu tindakan plagiasi atau plagiat terhadap suatu karya yang keaslian atau autentifikasinya harus diuji.

1. Cara Kerja TurnItIn adalah :

  • Originality Check – Pengecekan suatu karya yang didapatkan melalui penyocokan suatu teks

dengan informasi yang terdapat pada web repositories atau sekumpulan aplikasi yang terdapat didalam web tersebut.

  • GradeMark digital assessment – Pengecekan suatu karya yang bekerja secara digital

(mengurangi pemakaian kertas/paperless)

  • PeerMark – Hasil pengecekan ditentukan secara bebas tergantung pada keputusan

instructor/dosen/guru

  • GradeBook – Pengecekan online memungkinkan instructor untuk memberikan tugas / assignment

suatu class atau kelompok mahasiswa.

2. Istilah-istilah yang digunakan pada TurnItIn

• Administrator: adalah staf yang bertugas untuk mengontrol account tertentu pada
TurnItIn. Staf ini dapat mengaktifkan/ menonaktifkan hasil pada suatu account,
merubah settingan, menambahkan atau menghapus account instructor.

• Instructor: adalah istilah yang digunakan untuk dosen, guru, atau asisten yang
bertugas membantu students dalam pemanfaatan TurnItIn, atau pihak-pihak yang
diberi kewenangan untuk itu.

• Student: adalah mahasiswa atau pengguna yang dapat bergabung dalam suatu
class yang dibuat oleh instructor. Profil students dapat ditambahkan oleh
instructor dalam suatu kelas yang sudah tergabung, atau students juga dapat diberi
kewenangan membuat account sendiri.

• Class: adalah suatu nama group yang memungkinkan students untuk mengirim file.
Dalam hal ini instructor harus membuat class untuk mahasiswa (students).
Pembuatan Class memerlukan ID class dan class enrollment password (password
untuk kelas).

• Assignment: Adalah suatu tool pada TurnItIn yang memungkinkan students yang
tergabung dalam suatu class untuk melakukan submission suatu karya.
• Submission: Adalah proses meng-upload suatu file atau files oleh student atau
instructor dalam Class TurnItIn.

3. Account pada TurnItIn:

• Administrator

• Instructor

• Students

4. Cara Membuat akun TurnItIn pada Instructor

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka www.turnitin.com
  2. Klik Create Account 1
  3. Klik Instructor 2
  4. Isi data dengan lengkap
  5. 3 Setelah data terisi lengkap, Klik ” I Agree Create Profile ” dan setelah sukses silahkan LOG OUT dan LOGIN kembali.

Setelah kita login, kita juga bisa menambahkan Class, Assignment, dan menambahkan hal-hal yang berkaitan dengan Assignment (hanya dilakukan oleh istructor).

6. Menambahkan account Students ke dalam TurnItIn

  • Langkah awal masih sama seperti membuat akun Instructor buka www.turnitin.com
  • Kemudian Creat Account

 

1

 

  • Lalu pilih Student

stu

 

  • Setelah itu isi data secara lengkap dan pahami keterangan yang ada pada gambar.

stu2

  • Jika data sudah terlengkapi, klik ” I Agree Create Profile ” setelah sukses silahkan LOG OUT dan LOGIN kembali dengan mengisi alamat email beserta passwordnya untuk anda login.

stu3

  • Setelah akun student telah dibuat akan masuk ke halaman akun Instructor dan sebagai contoh tampilan akan seperti ini ,

Mhs 3 (1)

  • Student tersebut dapat mengupload atau mengirim assignment anda ke Instructor atau dosen yang bersangkutan dengan memilih class dan masuk ke class yang dituju kemudian submit tugas yang sudah siap dikirim dan memberikan judul tugas tersebut lalu mengapload file tugas yang akan dikirim kemudian klik SUBMIT.

Sistem ini sangat berguna untuk megurangi pemakaian kertas (paperless) dengan pengirimin secara digital. Bisa mengetahui apakah tugas / hasil karya yang kita buat itu masuk ke persentase plagiat atau tidak. Keaslian atau autentifikasi data dapat diuji disini. Jika kampus Perguruan Tinggi Raharja menerapkan sistem ini untuk menguji autentifikasi hasil karya mahasiswa yang ingin mengumpulkan laporan KKP / TA / SKRIPSI / Journal maka tidak akan ada lagi yang asal mengcopy paste hasil karya orang lain.

Jika tutorial diatas kurang jelas, bisa dilihat video tutorial berikut :

CREATING AN ACCOUNT FOR INSTRUCTOR

JOINING AN INSTITUTIONAL ACCOUNT

CREATING AN ACCOUNT FOR STUDENTS

Karena masih banyak tutorial yang harus diketahui, dapat dilihat Video Tutorial selengkapnya mengenai Training Instructor, Students dan Administrator, Klik Link berikut : TUTORIAL TURNITIN pilih Instructor Training, Student Training dan Administrator Training.

Sekian dulu cermi yang saya buat, semoga bermanfaat dan selamat mencoba yaaaa,,,, semoga karya yang kita buat tidak termasuk kedalam kategori plagiat. 🙂

Sumber
http://andro-geuse.blogspot.com/
http://desiii.ilearning.me/

Next >>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by IRFI 2019
Copyrights © IRFI est.2010
WhatsApp chat